Kamis, 23 Februari 2017

Bisnis Toko Online Jaman Modern

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

"BISNIS TOKO ONLINE JAMAN MODERN"


Disusun Oleh :

Nama : Muhammad Raka Suwito
NIM : 16.11.0217
Kelas : 16-S1T1-04
Kelompok : G

Tahun Ajaran 2016/2017


KATA PENGANTAR


   Dengan segala kerendahan hati penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis ini, untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah lingkungan bisnis di Universitas Amikom Yogyakarta

   Mungkin dalam pembuatan Karya Ilmiah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan isi dan lain sebagainya, maka penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuat karya ilmiah untuk hari yang akan datang.

   Demikianlah sebagai pengantar kata, dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. Atas semua ini penulis mengucapkan banyak terima kasih, semoga segala bantuan dari Orang Tua, Kerabat, Dosen pengampu mata kuliah lingkungan bisnis, mudah-mudahan mendapatkan amal baik yang diberikan oleh Allah SWT.


I. ABSTRAK


   Setiap hari teknologi semakin berkembang. Salah satu teknologi yang cepat berkembang adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dari akibat berkembangnya teknologi inilah dunia seperti tidak ada batasan nya. Pada abad ke-21 diseluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri sudah mulai banyak pengguna alat komunikasi elektronik, dan rata-rata mereka semua memiliki jaringan sosial setidaknya satu, contohnya saja pada internet, yaitu facebook. Dimana seseorang bisa menjelajah ke seluruh dunia hanya di depan monitor / komputer. Teknologi Internet inilah yang merupakan sumber utama terhubungnya antara kota satu dengan kota lain nya, pulau satu dengan yang lain nya, bahkan negara satu dengan negara lain nya.


    Dengan adanya Internet maka timbul transaksi antar negara secara online. Jadi semua orang yang berinteraksi dengan Internet memiliki Peluang Bisnis terbesar dibandingkan dengan orang yang berbisnis di luar jangkauan Internet. Hal seperti ini juga dapat menguntungkan 2 belah pihak, karena pembeli tidak perlu repot- repot datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari. Karena dengan adanya online shop mereka hanya tinggal melihat barang yang diinginkan di internet kemudian  memesan barang pilihan dan mentransfer uangnya. Hal inilah  melatar belakangi Peluang Bisnis yang saya tulis, yaitu bisnis toko online jaman modern atau sering disebut dengan online shop.


II. ISI

   Peluang Usaha/bisnis adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa dengan sigap kita ambil. Salah satu peluang usaha/bisnis yang marak terjadi dipasar internet adalah berjualan secara online atau yang lebih sering di kenal dengan “Online Shop”. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari berjualan barang maupun menawarkan jasa melalui toko online, hingga membantu penawaran produk sebagai reseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.

   Pada peluang bisnis online shop ini, memiliki beberapa cara atau syarat agar bisnis online yang sedang atau yang akan dijalankan sesuai target pemasaran atau mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan. Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan traffic pengunjung online shopmu :

1. Nama dan Deskripsi Toko 

   Hal ini merupakan hal yang paling dasar dan paling penting untuk menentukan tingkat traffic pengunjung online shop milikmu, karena nama dan deskripsi milikmulah yang akan muncul di "Search Engine". Pastikan kamu memiliki nama termasuk kata kunci yang tepat agar online shopmu dapat ditemukan dengan mudah melalui "Search Engine".

2. Promosi

   Gunakan dan lakukan promosi produkmu di sosial media online, seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan lain - lain. Apabila kamu ingin mempromosikan produk milikmu di forum - forum, disarankan untuk tidak langsung menaruh link online shopmu dan meninggalkan forum, karena dapat menyebabkan kamu di ban dari forum itu. Namun, kamu dapat memulai dengan cara berinteraksi dengan para pengguna forum yang lain dan membantu mereka, seiring dengan meningkatnya reputasi kamu, mulailah perlahan - lahan untuk mempromosikan online shop milikmu.

3. Deskripsi yang Jelas dan Lengkap

   Apabila kamu menjual sesuatu barang secara online kamu harus menulis secara lengkap deskrispi barang yang kamu jual seperti ukuran, bahan, warna, harga dan lain - lain, Karna deskripsi yang jelas daya tarik konsumen untuk membeli barang lebih besar, seiring banyak nya toko online yang menipu barang tidak sesuai dengan gambar.

4. Survei / Tanggapan Customer

   Lakukan Survei untuk mengetahui kepuasan pembeli terhadap barang yang kita jual / feedback dari pembeli. Hal ini sangatlah penting untuk dapat memperbaiki kekurangan atau menambah kelebihan online shop milikmu.

5. Keuntungan dan Kerugian 

   Bisnis online atau disebut juga bisnis internet ini adalah salah satu bentuk usaha yang medianya memakai akses internet. Sebagai satu bentuk bisnis yang mempergunakan dunia maya, bisnis ini mulai banyak digandrungi oleh banyak pengguna internet. Oleh karena itu, didalam online shop juga memiliki beberapa kerugian dan juga keuntungan yang akan didapatkan, diantaranya yaitu :

- Keuntungan
1.      Bisa melakukan penipuan harga
2.      Banyak peminat
3.       Bisa menjual kemana saja
4.       Keuntungan yang diperoleh banyak
5.      Biaya Murah
6.      Tidak perlu mempunyai toko
7.      Waktu kerja bisnis online tidak terbatas, dll

-Kerugian
1.      Barang tidak sampai pada pembeli
2.      Tergantung pada jaringan
3.      Pembatalan pembelian
4.      Barang tidak sesuai keinginan
5.      Barang rusak saat pengiriman
6.      Sulitnya membangun kepercayaan kepada customer, dll

III. REFRENSI

http://www.kompasiana.com/entertainmentgeek/hal-penting-menyukseskan-online-shop-anda_550dc9c2a33311d81a2e3e63

www.wikipedia.org




Share:

2 komentar:

  1. Referensi perlu diperbanyak,cb wawancara narasumber lsg dengan pedagang dan pembeli online.

    BalasHapus