Senin, 20 Februari 2017

Bisnis Servis Komputer Panggilan

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

"Service Komputer Panggilan"



        Nama            : Muhamma Raka Suwito
        NIM              : 16.11.0217
        Kelas             : 16-S1TI-04
        Mata Kuliah  : Lingkungan Bisnis
        Kelompok     : G


Tahun Ajaran 2016/2017


KATA PENGANTAR


   Dengan segala kerendahan hati penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis ini, untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah lingkungan bisnis di Universitas Amikom Yogyakarta

   Mungkin dalam pembuatan Karya Ilmiah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan isi dan lain sebagainya, maka penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuat karya ilmiah untuk hari yang akan datang.

   Demikianlah sebagai pengantar kata, dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. Atas semua ini penulis mengucapkan banyak terima kasih, semoga segala bantuan dari Orang Tua, Kerabat, Dosen pengampu mata kuliah lingkungan bisnis, mudah-mudahan mendapatkan amal baik yang diberikan oleh Allah SWT.

I. ABSTRAK

   Saat ini komputer bukan lagi barang mewah, bahkan semakin hari semakin bergeser, dari yang tadinya sebatas kebutuhan penting untuk pekerjaan, sekarang menjadi kebutuhan biasa dalam sebuah keluarga. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak pelajar atau mahasiswa. Artinya setiap hari, pengguna komputer semakin meningkat, ditambah lagi harga komputer yang semakin terjangkau. Tidak semua pengguna komputer dapat memperbaiki komputer yang sedang rusak atau terjadi hal yang tidak diiginkan (rusak).Diperlukan seorang yang ahli dibidang komputer atau seorang tekhnisi komputer. Banyak tempat yang menyediakan jasa servis atau perbaikan, namun tidak semua tempat servis komputer dapat dipercaya, terkadang kerusakan yang tidak seberapa atau kerusakan kecil dibesar-besarkan, di sini konsumen pasti sangat dirugikan.di sini Jasa servis komputer panggilan merupakan salah satu solusi. Jasa service komputer panggilan yang langsung dikerjakan di tempat, keuntungannya adalah Anda bisa sambil melihat komponen apa saja yang rusak, dikerjakan dengan cepat, apabila terdapat komponen yang harus diganti dapat langsung meminta persetujuan dari Anda. Service komputer panggilan saat ini memang sangat dibutuhkan mengingat kesibukan sebagai pengguna komputer dengan pekerjaan di kantor dan di rumah disamping kita sendiri belum tentu mampu mengatasi semua permasalahan komputer yang kita pakai.


II. ISI 

Usaha jasa perbaikan atau servis komputer panggilan bisa dikerjakan secara sampingan dari aktifitas rutin sehari-hari kita, dan tidak hanya jasa servis untuk meningkatkan pendapatan, dapat juga menambahkan jasa isi ulang tinta printer, karena seperti hal nya komputer, keperluan printer untuk mencetak pun semakin meningkat, dan sekarang sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang lebih memilih menggunakan tinta isi ulang dari pada membeli cartrigde baru. Bisa dipastikan sekarang ini begitu banyak orang yang memiliki komputer. Sebagian besarnya adalah mahasiswa dan berbagai instansi perkantoran, namun kebanyakan dari mereka hanya bisa menggunakan saja sehingga bila terjadi kerusakan pada komputer yang mereka miliki mereka tidak dapat memperbaiki sendiri. Munculnya kebutuhan tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena peluang bisnis ini akan dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek kedepannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah pemiliki komputer.Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi komputer, maka peluang jasa service komputer ke depan ikut meningkat. Pengguna komputer saat ini tidak hanya para dosen dan mahasiswa namun sudah merambah pada para pelajar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membuka jasa servis komputer panggilan ini. Bisa dipastikan peluang ini akan selalu terbuka lebar. Untuk menjalankan peluang bisnis jasa servis komputer panggilan ini membutuhkan keahlian dan waktu. Sebagai seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, mungkin agak sulit mengatur waktu. Untuk itu kita harus mencari pegawai yang mempunyai keahlian dibidang ini dan siap menerima panggilan ke mana saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membuka jasa servis komputer panggilan ini. Mengingat peluang ini akan selalu terbuka lebar.

A. Cara Memulai Bisnis Jasa Servis Komputer Panggilan

     Modal adalah syarat utama untuk semua orang untuk berkecimpung di dunia perbisnisan, modal bisa berdasarkan materi ataupun kemampuan dalam diri. berikut adalah modal untuk melakukan jasa servis komputer panggilan : 

1. Untuk memulai bisnis ini kita sebagai penyedia jasa harus memiliki skill ataupun kemampuan dalam dunia komputer, mengetahui seluk-beluk komputer yang bisa di pelajari secara autodidak ataupun kursus pada penyedia jasa seperti Balai Latihan Kerja.

2. Memiliki tempat usaha, tempat usaha bisa di daerah yang cukup strategis seperti di lingkungan sekolah, kampus. Namun jika tidak ada modal kita bisa membuka tempat di rumah.

3. Memiliki Peralatan yang sering digunakan untuk mengotak-atik komputer. Beberapa perlengkapan penting yang harus dimiliki diantaranya yaitu ;

     a. Obeng plus dan minus.
     b. Software anti virus.
     c. Software media pendukung pekerjaan.
     d. Dan juga Kendaraan, karena lokasi para pelanggan yang berfariasi.


B. Strategi Pemasaran Jasa Servis Komputer 

Setelah beberapa syarat modal untuk melakukn bisnis ini, agar bisnis ini tetap bertahan maka kita harus melakukan yang nama nya pengiklanan atau promosi. 

1, Cara paling mudah yaitu menyampaikan pesan dari mulut ke mulu.
2. Melakukan promosi pada media sosial yang dimiliki.
3. Membuat papan nama di depan tempat usaha.
4.Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan meminta kepada pelanggan agar merekomendasikan jasa kita untuk melakukan jasa perbaikan komputer.


C. Tips Bisnis Jasa Servis Komputer

   Untuk harga service komputer bervariasi, tergantung kesulitan. Sebaiknya menentukan perkiraannya, dan memberitahukan kepada pelanggan mengenai ketentuan tarif dari jasa ini. Sebagaimana bisnis reparasi lain, kualitas dan harga menjadi modal penting. Jika pelanggan kurang puas dengan reparasi atau harga yang berikan terlalu mahal, maka lama kelamaan akan ditinggalkan para konsumen. Jika pelanggan puas dengan hasil servis dan pelayanan, maka dengan sendirinya mereka akan mempromosikan jasa ini secara gratis pada orang pihak lainnya. Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan prima pada konsumen .Sebaiknya dalam bisnis ini juga menjual berbagai kebutuhan komputer dengan lengkap, hal ini agar pelanggan bisa mendapatkannya secara cepat dengan konsep one stop shopping. Jika ternyata tempat kita belum mempunyai, kita bisa menjanjikan dilain hari dan berjanji mencarikannya. 

HAMBATAN 

  Peluang bisnis ini membutuhkan keahlian, sehingga  harus benar-benar orang yang memiliki kemampuan, yang benar – benar mengerti computer, baik dari segi komponen yang dibutuhkan komputer hingga cara memperbaiki segala kerusakan yang ada.


KESIMPULAN

   Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi komputer, maka peluang jasa service komputer ke depan ikut meningkat. Pengguna komputer saat ini tidak hanya para dosen dan mahasiswa namun sudah merambah pada para pelajar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda membuka jasa Servis komputer panggilan ini. Mengingat peluang ini akan selalu terbuka lebar. Oleh karena itu, meng-up grade ilmu wajib hukumnya jika ingin membuka jasa service komputer panggilan. Ilmu tentang komputer bisa didapatkan dari mana saja. Baik melalui pelatihan, membaca buku maupun dari internet.

III. REFERENSI

Taurus Computer Jogja 
http://www.dokterbisnis.net/2014/07/07/peluang-usaha-dirumah-buka-usaha-service-komputer/






Share:

1 komentar:

  1. Terimakasih gan sudah membantu menyelesaikan tugas
    Jangan lupa kunbalnya di dstory21.blogspot.com

    BalasHapus